Sejarah dan Asal Mula Blog

Sejarah dan Asal Mula Blog

Sejarah dan Asal Mula Blog – Internet adalah bagian dari kemajuan zaman. Ini membuat penggunanya terus berbagi dan memberikan manfaat. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan kehadiran blog.

Apa Itu Blog?

Sebelum mengenal blog lebih jauh, pernahkah Anda menceritakan pengalaman atau kejadian yang dialami dalam bentuk tulisan? Terinspirasi dari hal tersebut, blog dibuat sebagai diary online. Seiring berkembangnya zaman, blog juga digunakan sebagai wadah berbagi manfaat melalui tulisan.

Baca Juga : Optimasi SEO Blogger Pemula

Sejarah Blog, Bagaimana Perjalanan Blog di Masa Lalu?

Segala sesuatu pasti memiliki rekam jejak yang berisi perjalanan awal hingga berjaya seperti saat ini. Blog pun juga begitu. Blog adalah revolusi catatan harian online yang diakses melalui web bersama jaringan internet.

Blog atau online diary pada masanya dirilis oleh Jorn Barger. Beliau adalah seorang programmer yang juga mencetuskan istilah weblog atau logging the web (masuk web).

Meskipun belum dikenal luas pada masa itu, blog mulai digunakan pada tahun 1997. Perkembangan istilah weblog pada masa itu berganti menjadi blog di tahun berikutnya. Istilah blog mulai diperkenalkan oleh Peter Merholz.

Open Diary dan Platform Blog Lainnya

Blog terus disempurnakan dari tahun ke tahun. Hingga pada tahun 1998, orang-orang sudah bisa meninggalkan komentar mereka pada kolom yang telah tersedia. Pada masa itu, orang-orang menggunakan platform blog bernama “Open Diary”.

Berselang satu tahun kemudian, lahirlah platform blogger.com yang diprakarsai oleh Pyra Labs. Pitas.com dan Live Journal menyusul setelahnya.

Maraknya pengguna blogger di masa itu membuat orang-orang mencetuskan sebutan “blogger” pada para pengguna blog. Di tahun 2003, Blogger resmi menjadi milik Google.

Tak berselang lama setelah itu, platform blog baru akhirnya bermunculan lagi. WordPress hadir sebagai platform gratis yang membebaskan pengguna memilih nama domainnya. WordPress sendiri dirilis oleh perusahaan teknologi bernama Automatic.

Bukan Sekedar Berbagi Manfaat

Saat ini sudah banyak ditemukan platform blog. Tersedia mode gratis dan juga berbayar. Tidak hanya sampai di situ saja, mempunyai blog memiliki beragam manfaat seperti media publikasi tulisan, menyalurkan bakat IT dan meningkatkan produktivitas, media promosi, komunikasi, menyalurkan hobi, dan menghasilkan uang.

Manfaat blog hanya bisa dirasakan bagi Anda yang ingin terus belajar dan mempelajari perkembangan dunia digital saat ini.

Nah, itulah sejarah da nasal mula blog. Platform tulisan yang bisa dinikmati saat ini ternyata merupakan sebuah diari online. Berjuta manfaat bisa dirasakan dengan memiliki blog. Bahkan, Anda pun bisa menghasilkan uang melalui blog yang dimiliki saat ini.

Baca Juga : Pengertian Google Duo

About the Author: dupecop

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *